~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

2 August 2012

Pengkabelan T568A dan T568B


Pada kali ini, yang punya blog ini akan mempost mengenai pengkabelan jenis T568A dan T568B. Yang dimaksud dengan kedua jenis pengkabelan tersebut ialah pengkabelan untuk sebuah jaringan yang menggunakan kabel UTP dan konektor RJ45. Karena terdapat 8 kabel dalam jenis kabel UTP RJ45. Dalam pemasangan kabel UTP ke konektor RJ45 tidak boleh sembarangan. Kabel dalam pin konektor RJ45 kalau nggak salah yang nomer atau pin ke 1 dan 2 digunakan untuk transmit data atau pengirim data dan kabel atau pin yang ke 3 dan 6 untuk receive data atau penerima data, sedangkan sisanya 4,5,7,8 ada yang bilang digunakan untuk peredam noise dan ada juga yang bilang kabel 4,5,7,8 tidak terpakai. Urutan warna kabel pada pin di konektor RJ45 harus sesuai aturannya. Perhatikan urutan warna untuk dipasang ke pin pada konektor RJ45 berikut :

1) Jenis T568A

WARNA KABEL
PIN KE-
Hijau Putih
Satu
Hijau
Dua
Oren Putih
Tiga
Biru
Empat
Biru Putih
Lima
Oren
Enam
Coklat Putih
Tujuh
Coklat
Delapan


2) Jenis T568B

WARNA KABEL
PIN KE-
Oren Putih
Satu
Oren
Dua
Hijau Putih
Tiga
Biru
Empat
Biru Putih
Lima
Hijau
Enam
Coklat Putih
Tujuh
Coklat
Delapan


Penentuan yang mana pin ke 1 yaitu pada konektor RJ45 ialah dengan melihat dari kiri pada sisi konektor RJ45 yang tidak ada ekornya. Kalau masih bingung, Perhatikan gambar berikut.
Dalam pengkabelan ini, bisa mendapatkan jenis straight, crossover, dan ada juga rollover. Perhatikan penjelasannya di bawah ini :

1) Straight, yaitu pengkabelan dengan jenis T568A di kedua ujungnya 
    ataupun sebaliknya

2) Cross Over, yaitu pengkabelan dengan jenis T568A ujung yang satu dan 
    jenis T568B di ujung yang lainnya ataupun sebaliknya.

3) Roll Over, yaitu misal pengkabelan jenis T568A akan tetapi urutan dari pin 
    ke 1 pada konektor RJ45 diletakkan pada pin ke 8, pin ke 2 jadi 7, pin ke 3 
    jadi 6 dan seterusnya. Jadi dibalik urutan pemasangannya.

Masih bingung, perhatikan contoh dengan gambar berikut ini.

STRAIGHT


CROSS OVER


     Dalam pemasangan kabel UTP dengan konektor RJ45 ini diperlukan alat yang bernama Crumoing. Alat ini berfungsi untuk memotong kabel dan juga bisa untuk menjepit atau menekan konektor RJ45 pada bagian tertentu agar bisa memperkuat sambungan dan menghubungkan kabel-kabel UTP dengan konektornya. Perhatikan gambar crumping berikut ini.
 
Setelah melakukan pengkabelan menurut jenisnya, cek apakah kabel sudah benar apa belum. Cara mengeceknya yaitu dengan menggunakan kabel tester untuk RJ45. Jika lampu di kabel tester nyala semua berarti pemasangan kabel berhasil Di bawah ini adalah contoh kabel tester untuk RJ45.
        Demikianlah sedikit informasi postingan kali ini semoga bermanfaat. Kalau ada yang keliru boleh protes koq. hehe.,:)) kalau protes yang sopan dengan cara tinggalkan komentar di bawah.

ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

3 comments:

  1. postingan nya di tambah lagi kayanya bakal lebih Kece deh :D

    ReplyDelete
  2. mksih yah kunjungannya:))
    owh gtu yah, tp yg saya tahu cuman ini tntang pengkabelan lan,

    ReplyDelete