~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

10 October 2012

Cara Membuat Repeater Dengan TP-Link






Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,



Berikut ini adalah langkah-langkah membuat repeater dengan menggunakan radio TP-link :


1) Persiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu :
    a) Radio TP-link + Adapternya
    b) Laptop atau PC
    c) Bolpoint

2) Langkah pertama, nyalakan radionya dengan menggunakan adapternya. Kemudian reset radio dengan menancapkan bolpoint pada lubang reset radio selama beberapa saat.

3) Selanjutnya, hubungkan wireless laptop dengan radio TP-link.

4) Lalu pada langkah selanjutnya, samakan segmen IP pada wireless laptop dengan segmen IP pada radio. IP default radio TP-link yang ini adalah 192.168.1.1. Berarti segmen IP pada laptop menjadi 1 (satu). Caranya masuk ke "Wireless Network Connection Status" kemudian klik "Properties" lalu pilih "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" centang "Use the following IP address" masukkan IPnya misalnya 192.168.1.5 segmen harus 1 (satu) agar sama dengan segmen IP pada radio TP-link.

5) Selanjutnya, buka web browser, dan masukkan IP default radio 192.168.1.1 ke address bar dan enter.

6) Sebelum masuk ke web TP-link, masukkan username "admin" dan password "admin".

7) Setelah masuk ke web TP-link, klik "Network" pilih LAN pada IP address isikan IPnya. Segmen IP harus sama dengan wi-fi mana yang akan kita repeatkan. Pada contoh kali ini wi-fi yang akan direpeatkan adalah "Local Utara" dengan IP 192.168.251.254. Misalnya IP yang diisikan adalah 192.168.251.1. Jika halaman direfresh, akan terputus karena segmen IP radio sudah tidak sama dengan segmen IP laptop karena sudah diganti dengan 192.168.251.1. Selanjutnya samakan lagi segmen IP agar sama dengan radio yakni 192.168.251.5. 

8) Masuk ke web browser, masuk ke web TP-link lagi. Selanjutnya klik "Wireless" pilih "Basic Setting". Kemudian ganti SSIDnya dengan nama terserah. Misalnya "Alfiansyah".

9) Ganti juga "Region" dengan "Indonesia".

10) Ganti "Channel" menjadi sama dengan channel wi-fi yang akan direpeatkan. Karena channel "Local Utara" 6 maka ganti channel pada radio menjadi 6.

11) Setelah itu, refresh wireless laptop, maka akan terputus dan muncul wi-fi dengan nama "Alfiansyah". Lalu konekkan dengan wi-fi tersebut.

12) Lalu masuk ke web TP-link lagi, kemudian pilih "Wireless" dan pilih "Wireless Mode". Lalu pilih/centang "Universal Repeater" pilih "Survey" dan pilih "Local Utara" kemudian Save.

13) Refresh wireless laptop, maka wi-fi yang namanya "Alfiansyah" tadi hilang karena sudah berganti dengan "Local Utara" yang sinyalnya full karena sudah direpeatkan.Kemudian hubungkan dengan "Local Utara". Ganti IP static pada laptop menjadi DHCP dengan cara sama ketika mengganti/mengatur IP. Cuma bedanya jangan pilih/centang yang "Use the following IP address" pilih yang atasnya.

14) Setelah dihubungkan dengan "Local Utara" coba akses internetnya jika bisa dibuat internetan maka setting repeater dengan menggunakan radio TP-link telah berhasil. Atau dengan cara masuk ke IP "Local Utara" yakni masukkan pada address bar IP "Local Utara" 192.168.251.254. jika dimintai memasukkan Password dan Username, maka setting repeaternya berhasil. 

Demikian caranya, Maaf bila ada kesalahan dalam bentuk apapun.
TeHaEx.,:)) 


ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

3 comments:

  1. mampir untuk membantu meramaikan blog ini ^_^

    #Salam sukses dari Yousake NKRI

    ReplyDelete
  2. itu cewek nya yaa?
    hehe
    follow sukses, folback ditunggu ya
    http://sekitarkita96.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. hihihi, bukan gan,

    . sukses follbacknya,. trmksih,.

    ReplyDelete