~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

12 April 2013

Keanekaragaman di Indonesia


 


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam perbedaan, misalnya seperti perbedaan suku, adat istiadat, bahasa, dan masih banyak lagi macam perbedaannya. Hal tersebut menjadi suatu kekayaan tersendiri bagi negara kita. Akan tetapi yang menjadi permasalahan, bagaimana langkah untuk mempersatukan negara kita ini ? Supaya tidak lagi terjadi yang namanya perpecahan di Indonesia ini. Sebagai seorang pemuda apa yang seharusnya dilakukan untuk mempersatukan keanekaragaman yang sangat banyak di negara kita ini. Berikut ini adalah beberapa uraian saya tentang sedikit dari bagaimana cara pemuda-pemudi Indonesia dalam rangka menjaga keutuhan negara kita yang beraneka ragam ini.


1. Menjaga Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu negara kita. Dengan banyaknya suku-suku dalam negara Indonesia, maka otomatis bermacam-macam pula bahasa yang ada. Oleh karena itu bahasa Indonesia merupakan bagian amat penting dalam persatuan negara kita. Sebagaimana isi dari sumpah pemuda dulu yang ketiga yakni :

"Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia"

Oleh karena itu mengapa di sekolah-sekolah mesti ada mata pelajaran Bahasa Indonesia, walaupun ada yang berpendapat bahwa "Ngapain belajar bahasa sendiri". Pendapat seperti itu kurang tepat karena masih banyak orang indonesia yang belum fasih berbahasa Indonesia justru orang asing atau orang dari negara lain yang bisa berbahasa Indonesia. Karena itu mari kita jaga bahasa pesatuan kita, yakni bahasa Indonesia. Akan tetapi juga tidak melupakan bahasa daerah kita, yang harus kita pelihara karena merupakan aset kekayaan bagi negara kita. Sebagaimana dalam UUD 1945 pasal 32 ayat 2 yang berbunyi :

"Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional"


2. Toleransi 

Toleransi merupakan hal yang amat penting dalam hubungan bermasyarakat yang terdapat di dalamnya perbedaan. Baik toleransi antar pebedaan Agama, suku-suku, kelompok-kelompok, dan masih banyak lagi. Contohnya toleransi antar umat beragama, harus saling mempunyai rasa toleransi agar kehidupan berjalan secara yang semestinya. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an Surat Al-Kafirun ayat 6 :

"Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"

Akan tetapi toleransi harus berjalan sesuai pada tempatnya. Jika situasi sudah tidak mungkin untuk ditoleransi, maka lakukan tindakan yang seharusnya dilakukan. 

3. Mempersatukan Budaya

Mempersatukan budaya dalam artian ini ialah menciptakan sebuah wadah untuk menunjukkan atau memperkenalkan budayanya masing-masing dalam sebuah kegiatan. Hal tersebut dapat mempererat tali persaudaraan. Misalnya seperti di acara televisi di Trans TV yakni Indonesia Mencari Bakat. Di sana terdapat orang-orang dari berbagai tempat di Indonesia. Contohnya saja peserta IMB Sandrina Mazaya A. penari cilik tradisional yang berasal dari Bogor. Sandrina di ajang Indonesia Mencari Bakat, telah menarikan berbagai macam tarian dari Nusantara dengan baik. Hal itu dapat menjadikan kecintaan terhadap budaya-budaya lainnya yang telah dimiliki.


Demikian tiga penjelasan saya mengenai bagaimana pemuda indonesia mengambil langkah kecil untuk ikut serta dalam upaya mempersatukan keanekaragaman di Indonesia. Semoga kita menjadi warga Indonesia yang baik, menjaga persatuan. Dan tidak memecah persatuan yang sudah ada, Apa tidak malu dengan negara tetangga ? Masak satu negara saja ada yang menimbulkan kerusuhan, kekacauan, kekerasan, dan hal lainnya yang dapat membuat pecah persatuan. Akhir kata, mohon maaf bila ada salah kata. Semoga sedikit arikel dari saya ini bermanfaatbagi yang membacanya.

Wa'alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

3 comments:

  1. buat point pertama untuk menjaga bahasa Persatuan Bahasa Indonesia, nah mulai sekarang kita jangan pake bahasa bahasa alay,
    kayak cius, miyapah, dan kawan-kawannya hehe
    yuk jadi pemuda indonesia yang bisa dibanggakan dan mengharumkan nama INDONESIA
    i love indonesia

    semangat blogging ya sob :))

    ReplyDelete