~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

15 January 2014

Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai (Matematika)

Perbandingan senilai adalah perbandingan yang komponen penyusunnya searah. Jika komponen satu arahnya semakin besar maka otomatis komponen yang satunya lagi arahnya juga semakin besar.

Contoh Soal :
Untuk membuat 10 kue seseorang memerlukan telur sebanyak 2 butir. Maka jika ia ingin membuat 15 kue,  berapa butir telur yang ia perlukan ?

10 Kue   15 Kue
--------- = --------
2 Telur    ? Telur

Bisa dilihat dari contoh di atas, komponen kue yang dimaksudkan ialah bertambah banyak, maka komponen telurnya otomatis juga bertambah banyak.

Cara penyelesaian :

(15 X 2) : 10 = 3

Jadi telur yang dibutuhkan untuk membuat 15 kue ialah 3 butir

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan yang komponen penyusunnya berbalik arah. Jika komponen satu arahnya semakin besar maka komponen yang satunya lagi arahnya semakin kecil.
  
Contoh soal :
Diperlukan 8 orang pekerja untuk membuat sebuah rumah dalam waktu 10 hari. Maka jika ingin mempercepat pembangunan agar menjadi 6 hari, berapakah tambahan pekerja yang diperlukan ?

8 Orang     ? orang
---------- = ----------
10 Hari       6 Hari

Bisa dilihat dari contoh di atas, komponen hari yang dimaksudkan ialah bertambah sedikit, maka komponen pekerja harus bertambah banyak.

Cara penyelesaian :

(8 X 10) : 6 = 15

Jadi tambahan pekerja untuk menyelesaikan sebuah rumah dalam 6 hari adalah 15 - 10 = 5 Pekerja



Ada juga misalnya contoh soal yang seperti ini. Mohon disimak ya, :)

Seorang mandor ingin menyelesaikan sebuah rumah dalam waktu 12 hari dengan memperkerjakan 3 orang. Setelah berjalan 2 hari pekerjaan terhenti selama 5 hari. Maka berapakah tambahan pekerja yang dibutuhkan mandor tersebut agar rumah tersebut dapat selesai dalam waktu yang sudah ditentukan sebelumnya ?

Penyelesaian :

Dari soal di atas diketahui bahwa pekerjaan terhenti dihari kedua. Maka sisa waktu ada 10 hari. Karena semestinya 3 orang pekerja tersebut dapat membangun rumah dengan sisa waktu 10 hari tersebut. Akan tetapi pekerjaan mereka terhenti selama 5 hari. Jadi sisa waktu mereka tinggal 5 hari lagi. Jadi berapakah pekerja yang harus ditambahkan agar rumah dapat selesai dalam waktu sisa 5 hari tersebut

3 orang   ? orang
---------- = ---------
10 hari     5 hari

Jadi perbandingan ini termasuk perbandingan berbalik nilai. Maka :

(3 X 10) : 5 = 6

Jadi tambahan pekerja yang harus ditambahkan untuk menyelesaikan rumah dengan sisa waktu 5 hari adalah 6 - 3 = 3 orang pekerja



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment