~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

14 February 2015

Dampak Minuman Bersoda Terhadap Tulang dan Gigi


Oleh :
  
drg. Dwi Wahyu Indrawati, MM.Cidesco-Ciptac.Akpt

drg. Dwi Wahyu Indrawati, MM.Cidesco-Ciptac.Akpt
Dokter Klinik Rumah Sehat Mandiri

Dikutip dari :
Majalah Yatim, Juli 2014


Assalamu'alaikum Waromatullahi Wabarokatuh

     Dokter, saya seorang ibu dengan 4 orang anak dan usia saya sekarang 43 tahun. Saya mau bertanya, apakah benar mempunyai kebiasaan minum dengan minuman bersoda itu bisa membuat gigi berlubang ?
    Karena saya mempunyai keluhan sering sakit gigi. Saya memang paling suka minum dengan minuman yang mengandung soda, dan itu saya lakukan pada usia 10 tahun.
   Akhir-akhir ini, justru gigi saya tiba-tiba mudah sekali berlubang dan terkadang tulang kaki saya sering linu. Pernah saya konsultasikan ke dokter, dan diperiksa kepadatan tulang saya berkurang. Mohon penjelasannya.
Demikian, atas perhatian dan jawaban dokter, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Rosiana
Sidoarjo

Jawaban :

     Ibu Rosiana yang dirahmati Allah SWT, segala puji dan syukur hanyalah milik Allah. Alhamdulillah semoga keselematan dan kesehatan selalu menyertai ubu dan sekeluarga. 
     Kalau saya lihat dari permasalahan dan kebiasaan yang Ibu lakukan selama ini, memang sangat tidak kami anjurkan. Fenomena di masyarakat akan mengatakan, bahwa kebanyakan semua orang pasti menyukai minuman bersoda. Apalagi kalau diminum pada saat kita sedang dalam keadaan gerah dibawah terik matahari.
     Tak dipungkiri, minuman soda sangat dekat dengan kehidupan kita. Selain minuman ini sebagai minuman manis, menyegarkan dan gaul, ada fakta mengerikan yang tidak kita sadari tentang  bagaimana minuman bersoda dapat merusak tubuh kita.  Inilah mengapa sebenarnya dunia tidak merekomendasikan untuk sering mengkonsumsi minuman berkarbonisasi ini.
     Apalagi sebagai wanita, minuma soda sagat kurang bagus untuk kesehatan kita, karena bisa menambah obesitas dan pengeroposa tulang. Padahal tanpa soda pun, wanita paling mudah terkena pengeroposan tulang yang disebabkan dari faktor hormonal dan siklus menstruasi yang melepas kalsium yang sangat tinggi, dan itu terjadi terus menerus setiap bulan.
     Ditambah lagi dengan pada wanita hamil, menyusui sangat membutuhkan asupan kalsium yang sangat tinggi. Padahal dengan meminum minuman berkarbonisasi, perlahan tapi pasti cadangan kalsium dalam tubuh banyak yang terbuang. Bagaimana sebenarnya minuman berkarbonisasi merusak tubuh kita ?

Mengandung Pemanis Belebih

     Selain menggunakan gula, ada juga pemanis buatan yang digunakan. Saat minum soda, kita hanya merasakan sensasi kesemutan di mulut. Coba nikmati saat gasnya habis, maka Anda akan merasakan minuman yang super manis. Dan ini apabila cukup lama terdiam di dalam rongga mulut akan terjadi fermentasi, sehingga akan melarutkan permukaan terkeras dari gigi hingga melanjut menjadi karies atau gigi berlubang.
     Selain bagian dari gigi secara lokal, bagian lain yang akan diserang oleh minuman ini adalah gula dan pemanis pada soda akan membahayakan hati, jantung, dan ginjal. Hati akan mengubah gula menjadi lemak, akibat gula darah yang berlebihan pada minuman ini. Sementara pemanis buatan dalam minuman berkarbonisasi ini akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyakit Diabitus Militus.

Tulang dan Gigi Makin Keropos
     Soda mengandung asam dan gula yang juga bisa mengikis kepadatan tulang dan gigi. Tidak heran bila Anda minum soda, gigi terasa keset. Asam Fosfor pada soda juga menjadi penyebab seorang mengalami tulang kerropos, bila mengkonsumsi minuman bersoda dalam jangka panjang.

Penyebab Obesitas
     Obesitas yang disebabkan oleh soda biasanya beresiko 1,6 kali lebih tinggi. Gula yang tinggi dalam minuman bersoda inilah yang membuat tubuh kita mudah mengalami obesitas. Zat kimia yang terserap tubuh dari soda, serta gula yang menyebabkan obesitas, meningkatkan resiko tubuh kita mengalami kanker usus dan kanker payudara.
..................................................................................................
     Konsumsi soda dalam jangka panjang yang berlebihan akan membahayakan jantung, hati, dan ginjal Anda, palagi bila tidak diimbangi dengan minum banyak air putih.
     Kurangi minuman bersoda ganti dengan minuman yang lebih bermanfaat bagi kesehatan, misalnya jus buah dan air putih, yang baik untuk kesehatan, dan jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Lakukan olahraga untuk mengubah lemak ditubuh menjadi energi. Pakar kesehatan sudang menganalisis dari unsur yang terkandung dalam minuman bersoda, memang mempunyai dampak yang kurang bagus bagi kesehatan. Perlu kita ingat, bahwa yang namanya makanan ataupun minuman yan dikemas dalam bentuk instan dan bahan pengawet kalau kita minum secara terus menerus akan memberikan efek yang kurang bagus bagi kesehatan.
     Demikianlah uraian singkat tentang dampak minuman bersoda terhadap gigi dan tulang, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabaokatuh



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment