~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

8 February 2015

Mengatasi Jerawat


Oleh :

dr. Hidayahtyama Purbaningrum

dr. Hidayahtyama Purbaningrum
Dokter Umum
Klinik Rumah Sehat Mandiri - Yatim Mandiri

Dikutip dari :
Majalah Yatim, April 2014

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat dr. Hidayahtyama Purbaningrum. Saya perempuan berusia 17 tahun. Saya memiliki masalah dengan jerawat, padahal saya sudah memakai berbagai macam produk penghilang jerawat. Tapi tetap saja jerawat itu tidak hilang-hilang.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Kenapa jerawat saya susah hilangnya dan bagaimana cara pengobatannya ?
2. Bagaimana mengatasi jerawat agar tidak keluar lagi ?

Demikian, atas penjelasan dan jawaban dr. Hidayahtyama Purbaningrum, saya menyampaikan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Ida
Surabaya

Jawaban :
Wa'alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh

     Mbak ida yang selalu dirahmati oleh Allah SWT. Permasalahan yang sedang anda alami saat ini, hampir setiap orang juga pernah mengalaminya terutama di usia remaja. Maka sering dianggap sebagai kelainan kulit yang timbul secara fisiologis.
     Jerawat atau yang dinamakan acne dalam bahasa medis merupakan penyakit radang menahun folikel pilosebasea (suatu kelenjar sebum yang ada dikulit) yang sering terjadi pada masa remaja dan dapat tumbuh sendiri.
Penyakit ini memang jarang terdapat pada waktu bayi lahir, namun ada juga kasus seperti ini. Tapi pada umumnya terjadi pada usia remaja dan menjadi salah satu problem yang sangat serius. Biasanya terjadi pada usia 14-17 tahun pada wanita, dan 16-19 tahun pada pria.
        Pada seorang gadis acne juga dapat timbul saat usia premenarche (saat dimana haid atau mens pertama kali). Biasanya acne ini akan berangsur-angsur berkurang setelah melewati masalah ramaja, namun ada yang menetap hingga usia 30-an, bahkan lebih.
      
     Meskipun etiologi atau penyebab pasti penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun ada bebrapa faktor yang berkaitan dengan penyakit ini, yakni :
1. Produk sebum atau kelenjar lemak di kulit yang meningkat, menyebabkan peningkatan unsur komedo dan inflamasi yang mengakibatkan munculnya jerawat.
2. Adanya asam lemak bebas penyebab terjadinya keradangan folikel sebum.
3. Peningkatan umlah bakteri yang ada di kulit yang memicu timbulnya jerawat.
4. Peningkatan kadar hormon tertentu dalam tubuh.
5. Terjadinya stres, sangat memicu kelenjar sebasea.

       Untuk menjawab pertanyaan Anda pertama, seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa yang anda alami sangatlah lumrah. Dari usia Anda, memang masanya timbul jerawat. Biasanya juga sangat rentan denganh emosi yang labil memicu stres, aktivitas yang padat dan sering di luar ruangan serta jarang untuk mau membersihkan muka secara rutin. Sehingga memicu munculnya bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.
      Kemudian makan makanan yang juga tidak mengandung gizi seimbang dan cenderung mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Biasanya pada orang berjerawat, kadar asam lemak bebas meningkat dan karena itu pada pencegahan dan pengobatan digunakan dengan cara untuk menurunkannya.
     Penatalaksanaan acne atau jerawat meliputi usaha untuk mencegah terjadinya erupsi/timbulnya jerawat (Preventif) dan usaha untuk menghilangkan jerawat yang sudah timbul (Kuratif).
       Kedua usaha tersebut harus dilakukan bersamaan, mengingat kelainan ini terjadi akibat pengaruh berbagai faktor (multifaktorial), baik faktor dari dalam tubuh sendiri (keturunan hormonal), maupun faktor dari luar tubuh (stres, makanan, musim) yang terkadang tidak bisa kita hindari.
Pencegahan :
1. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, seperti makanan yang terlalu banyak berminyak, coklat, susu, full cream dan produk olahannya seperti yogurt, keju, mayonaise dan lain-lain.
2. Melakukan perawatan kulit untuk memberihkan permukaan kulit dan kotoran agar tidak ada bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.
3. Hidup teratur dan sehat, cukup istirahat, olahraga sesuai kondisi tubuh dan hindari stres.
4. Gunakan kosmetika secukupnya, baik banyaknya maupun lamanya.
5. Menjauhi terpacunya kelenjar minyak, misalnya minuman beralkohol, pedas, rokok, dan lainnya.
6. Menghindari polusi debu.
7. Pemencetan jerawat yang tidak sesuai dapat memperberat peradangan.

Pengobatan :

a. Pengobatan Topikal (dioleskan)
Ini berfungsi untuk mencegah pembentukan komedo, menekan peradangan, mempercepat penyembuhan. Biasanya diberikan obat oles yang mengandung bahan iritan yang dapat mengelupas kulit atau obat yang dapat mengurangi jumlah bakteri kulit. Serta obat oles atau cream anti peradangan.

b. Pengobatang Sistemik
Ini bertujuan terutama untuk menekan aktivitas bakteri yang ada dalam kulit, biasanya menggunakan antibiotik golongan eritromicin atau  doksisiklin. Dan menekan reaksi radang menggunakan obat anti radang, kemudian obat hormonal untuk menekan produksi hormonal.

       Saran saya buat mbak ida, jangan sembarangan menggunakan produk tertentu yang tidak jelas kandungan dan fungsinya. Jika Anda memang menganggap jerawat yang timbul adalah masalah serius, segera berkonsultasilah ke dokter Spesialis Kulit terdekat. Agar terapi yang bersifat pengobatan atau kuratif tadi lebih tepat buat anda. Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi mbak Ida dan seluruh pembaca. Aamiin.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

3 comments:

  1. pertamax ! thanks gan,, bermanfaat,, nama domainya unik gan,,

    ReplyDelete
  2. pertamax ! thanks gan,, bermanfaat,, nama domainya unik gan,,

    ReplyDelete