~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

3 February 2015

Mengatasi Sakit Maag


Oleh :

dr. Rum Wijayanti 
dr. Rum Wijayanti
Dokter di Klinik Rumah Sehat Mandiri
Dikutip dari : Majalah Yatim, Oktober 2014

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

     Yang terhormat dr. Rum Wijayanti. Saat ini saya sedang mengalami masalah kesehatan. Yakni saya mengalami sesak nafas untuk pertama kalinya dua hari yang lalu. Malam itu perut saya terasa sangat sakit, di ulu hati terasa seperti ditusuk-tusuk, dan terasa sesak nafas.
     Lalu keesokan harinya, nyeri tersebut berkurang. Karena khawatir dan menduga ada yang bermasalah di paru-paru saya, maka suami mengajak ke rumah sakit untuk dilakukan rontgen.
     Dokter radiologi saat itu menyatakan ada alergi debu. Kemudian kami pulang. Sampai sekarang rasa nyeri tersebut belum berkurang. Mohon penjelasan dengan kondisi saya dan bagaimana mengatasinya. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Kiky
Surabaya

Wa'alalikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh

     Sesak nafas yang dialami ibu dapat disebabkan oleh alergi debu, asam lambung yang berlebihan, maupun keduanya. Tetapi, jika dilihat dari yang ibu ceritakan beserta info tambahan yang ibu cantumkan, saya menduga sesak nafas tersebut lebih disebabkan karena asam lambung yang berlebihan.
     Hal ini disebabkan, sesak nafas yang terjadi didahului dan bersamaan dengan nyeri ulu hati. Sementara ibu tidak terpapar debu berlebihan sebelum sesak nafas dan riwayat alergi debu sebelumnya tidak jelas, seperti yang ibu ceritakan di informasi tambahan. Nyeri yang ibu alami lebih disebabkan oleh gastritis.
    Gastritis atau sakiy maag atau sakit lambung adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung, yang menyebabkan iritasi di selaput lendir. Penyebab gastritis diantaranya adalah pengeluaran asam lambung berlebihan, infeksi, iritasi, pola hidup tidak sehat.
Infeksi pada gastritis biasanya disebabkan oleh Helicobacter pylori. Ini terjadi ketika asam lambung yang dihasilkan dalam jumlah lebih banyak yang menyebabkan pertahanan dinding lambung lemah dan konsumsi makanan yang kurang higienis, sehingga bakteri bertambah jumlahnya. Iritasi pada lambung dapat disebabkan makanan dan obat-obatan.
     Beberapa pola hidup yang dapat menyebabkan kerusakan lapisan pelindung lambung antara lain adalah makan tidak teratur, konsumsi makanan terlalu pedas dan berminyak, konsumsi alkohol maupun rokok, stress berlebihan.
       Gastritis memiliki gejala rasa nyeri di perut dan perut terasa seperti terbakar, perut terasa kembung dan selalu bersendawa, terasa mual dan ingin muntah, kurang nafsu makan,selalu cegukan, sesak nafas, diare. Sesak nafas pada gangguan lambung ini disebabkan oleh terkumpulnya gas dalam lambung, hal ini menekan dinding dada sehingga terasa sesak nafas.

Berikut ini beberapa tips konsumsi makanan untuk penderita gastritis :

  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas dan terlalu banyak serat, misalnya : kol, sawi, nangka, pisang ambon, kedondong dan minuman bersoda.
  • Menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, misalnya : kopi, minuman beralkohol, anggur putih.
  • Menghindari bahan makanan yang merusak asam lambung, misalnya : cuka,merica, makanan pedas.
  • Menghindari makanan yang sulit dicerna yang memperlambat pengosongan lambung, misalnya : makanan berlemak (gorengan, santan), kue tart, coklat, keju.
  • Menghindari makan ini saat nyeri lambung, misalnya :ketan, jagung, ubi-ubian, santan, gorengan, kacang, sayuran mentah, kol, sawi, nangka, kangkung, daun singkong, kismis, korma, soda, alkohol, susu, kopi.

Berikut adalah tips menghindari nyeri gastritis :

a. Mengatur jadwal makan dengan pola porsi kecil dan frekusensi lebih sering.
b. Minum air putih +- 2500 cc per hari, setara 10 gelas per hari.
c. Mengurangi makanan berminyak dan berlemak.
d. Berhenti merokok dan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.
e. Mengontrol tingkat stress.
f. Teratur berolah raga.

     Untuk mendapatkan pengobatan gastritis, sebaiknya ibu berkunjung kedokter. Dari Abdullah Ibnu Mas'udra diriwayatkan bahwa ia menceritakan : Rasulullah bersabda : "Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya pasti akan Allah hapuskan berbagai kesalahannya seperti, sebuah pohon meruntuhkan daun-daunnya." (HR. Muslim)
      Ibu kiky dan pembaca yang dirahmati Allah SWT, jika kita membaca hadist tersebut, tentulah saat kita sakit, kita akan berdoa semoga Allah selalu mengampuni dosa-dosa kita melalui penyakit-penyakit tersebut. Semoga Allah segera memberi kesembuhan pada Ibu Kiky tanpa meninggalkan sisa.

Aamiin.

Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat.



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment