~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

10 February 2015

Agar Perut Tidak Buncit


Oleh :

dr. Hj. Rahmania A Lawu, Sp.Pk

dr. Hj. Rahmania A Lawu, Sp.Pk
Dokter SMF Patologi Klinik
RSU Haji Surabaya

Dikutip dari :
Majalah Yatim, September 2013


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

     Yang terhormat dr. Rahmania. Saya seorang laki-laki berusia 29 Tahun, setelah menikah berat badan saya naik dan perut saya mulai gendut. Padahal pola makan saya tetap sama seperti sebelum menikah. Namun terus terang saja, saya berolahraga senam pagi hanya dihari Minggu saja.
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah menurut dr. Rahmania kondisi tersebut normal ?
2. Mohon saya diberi tips agar perut tidak gendut ?
3. Kira-kira olahraga apa yang cocok serta pola makan dan tidur seperti apa yang bisa membantu menjaga perut saya tidak buncit dan tetap rata ?

Demikian, atas jawaban dr. Rahmania, saya mengucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Agus
Pasuruan

Jawaban :

Wa'alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh

     Yang terhormat bapak Agus di Pasuruan. Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan anda, hal yang paling penting yaitu menyebut berat badan (BB) dan tinggi badan (TB). Dari data tersebut baru bisa ditentukan normal tidaknya berat badan Anda.
       Bila menggunakan standart WHO untuk menilai indeks masa tubuh (body mass index/BMI), diguakan rumus : 


BMI

Maka bisa dikatakan :
- Normal bila        = 19-22,9
- Overweight bila  = 23-24,9
- Pre obesitas      = 25-29,9
- Obesitas bila     = >30

Contohnya :
Bila berat badan (BB) Anda 50 kg dengan tinggi badan (TB) 170 cm, maka rumusnya :


Contoh BMI 

     Maka anda termasuk normal. Namun masih ada ketentuan lain untuk toleransi BB yang dikaitkan dengan usia dan jenis kelamin. Ada juga yang menggunakan penilaian lingkar pinggang dikaitkan dengan TB.
     Salah satu olahraga yang dianjurkan oleh dokter spesialis Rehabilitasi Medik untuk mengecilkan perut yaitu jogging. Hal ini paling mudah dilakukan, dapat dilakukan secara bertahap. Misalnya hari pertama 10 menit selama seminggu, berikutnya 20 menit, dan seterusnya.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat dan selamat berolahraga.



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment