~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

13 February 2015

Persendian Mulut Terasa Ngilu


Oleh :
  
drg. Dwi Wahyu Indrawati, MM.Cidesco-Ciptac.Akpt

drg. Dwi Wahyu Indrawati, MM.Cidesco-Ciptac.Akpt
Dokter Klinik Rumah Sehat Mandiri

Dikutip dari :
Majalah Yatim, Juli 2014


Assalamu'alaikum Waromatullahi Wabarokatuh

      Saya seorang perempuan dengan 3 orang putra. Akhir-akhir ini saya sering mengeluh persendian terasa ngilu dan sakit. Selama ini, saya tidak mempunyai penyakit yang serius dengan diri saya. Namun beberapa tahun terakhir ini saya melakukan diet dengan tujuan mengurangi badan saya.
     Tapi kemudian muncul masalah pada sendi mulut saya. Dan lama kelamaan, ketika saya beraktivitas, persendian untuk membuka dan menutup mulut saya terasa sakit. Pernah saya lakukan citiscan atas saran dari seorang teman, dan hasilnya tidak terjadi kelainan yang berarti. Namun, karena persendian untuk membuka dan menutup mulut ini terasa sakit, saya akhirnya sering pusing.
     Yang ingin saya tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan keadaan rahim saya ? Kareana saya pernah mengalami pendarahan yang luar biasa, dan menurut dokter memang ada kelainan hormonal, dan saya disarankan untuk tidak terlalu banyak baban fikiran dan memperbaiki pola makan yang sehat.
     Demikian, atas jawabannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Nina
Surabaya


Jawaban :

Wa'alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh
          Ibu Nina yang dirahmati oleh Allah SWT. Penyebab terjadinya sindroma Sendi Temporo Mandibular pada Ibu, sebenarnya sama dengan kelainan persendian tubuh Ibu di tempat lain.
     Adanya sendi arthritis atau radang pada persendian atau tulang memungkinkan terjadinya nyeri dan disfungsi. Otot yang menggerakkan sendi juga menjadi subyek dari kelelahan, luka dan karena penyakit lain.
Spasme atau kaku otot  (spasme) sangat berhubungan dengan gangguan sendi, karena beberapa otot dan syaraf sangat kompleks pada area ini. Dan ketika otot mengalami kaku otot, maka masalah yang muncul adalah pada daerah persendian.

Gejala yang sering muncul  adalah pada gangguan persendian rahang antara lain :
1. Terdengar suara "KLIK"
2. Nyeri Wajah
3. Pergerakan Rahang menjadi terbatas
4. Nyeri di belakang telinga
5. Pusing atau pening
6. Nyeri telinga atau telinga berdenging
7. Gigi gemeretak
8. Nyeri leher, bahu atau panggung
9. Mati rasa atau kesemutan pada jari-jari

     Penyebab dari penyakit persendian rahang ini sangat bervariasi dan bisa menjadi sulit untuk dibedakanm apakah kelainan karena trauma atau kecelakaan, atau disebabkan oleh penyakit lain. Hal ini bisa diketahui dari riwayat penyakit yang dialami pasien. 
    Faktor usia dan kadar hormon dalam tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kelainan penyakit ini. Kebiasaan makan pada satu sisi, juga sangat berpengaruh munculnya penyait ini.
      Pasien dengan kelainan ini biasanya menganggap remeh dan tidak begitu penting, sehingga sering mengabaikannya. Dan akan menjadi suatu problem apabila sudah menjadi triger dan pemicu simton atau gejala yang lain.
      Sindroma kelainan sendi rahang juga sering berhubungan dengan masalah mengunyah yang tidak seimbang antara kanan dan kiri, keadaan gigi geligi yang tidak normal (banyak gigi hilang namun tidak segera dibuatkan protesa/gigi palsu), dan faktor stress.
   Sedangkan keluhan ibu tentang adanya penyakit pendarahan diluar menstruasi bisa disebabkan karena faktor hormonal, stress atau mungkin ada penyakit lain pada rahim Ibu, dan kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli kandungan (obgyn), sehingga dapat didapatkan diagnose pastinya.
Karena adanya kelainan pada system reproduksi Ibu tidak menutup kemungkinan adanya kelainan pada persendian bisa disebabkan karena keadaan yang Ibu alami. demikian penjelasan yang dapat saya samapaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh



ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment