~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~SAYA MENDENGAR LALU SAYA LUPA ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MEMBACA LALU SAYA INGAT ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ SAYA MELAKUKAN LALU SAYA MENGERTI~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

15 November 2015

Mencari Luas dan Keliling Lingkaran, Segitiga, dan Segiempat Menggunakan Pascal


Mencari Luas dan keliling dari lingkaran, segitiga dan segi empat. Buat pilihan untuk user agar memilih jenis bangun datar yang ingin mereka hitung, dengan ketentuan : 1. Lingkaran  2. Segitiga  3. Segiempat, lalu tentukan kembali pilihan untuk jenis perhitungan : 1. Luas  2. Keliling , Misal apabila user memilih pilihan 1 dan kemudian pilihan 2, maka user akan mendapatkan hasil perhitungan keliling lingkaran.

Flowchart Mencari Luas dan Keliling Lingkaran, Segitiga, dan Segiempat


program Luas_dan_Keliling;

var
pilhit, pilbag : integer;
jari, sisi, alas, tinggi, panjang, lebar, hasil : real;

begin
writeln('Pilih Janis Bangun Datar = 1) Lingkaran  2) Segitiga  3) Persegi');
readln(pilbag);
writeln('Pilih Jenis Perhitungan = 1) Luas  2) Keliling');
readln(pilhit);

if (pilbag = 1) and (pilhit = 1) then
begin
write('Masukkan Jari-jari = ');
read(jari);
hasil := 3.14 * jari * jari;
write('Hasil Luas Lingkaran = ' , hasil);
readln; readln;
end

else if (pilbag = 1) and (pilhit = 2) then
begin
write('Masukkan Jari-jari = ');
read(jari);
hasil := (jari * 2) * 3.14;
write('Hasil Keliling Lingkaran = ' , hasil);
readln; readln;
end

else if (pilbag = 2) and (pilhit = 1) then
begin
write('Masukkan Alas = ');
read(alas);
write('Masukkan Tinggi = ');
read(tinggi);
hasil := (alas * tinggi) / 2;
write('Hasil Luas Segitiga = ' , hasil);
readln; readln;
end

else if (pilbag = 2) and (pilhit = 2) then
begin
write('Masukkan Panjang Sisi Segitiga = ');
read(sisi);
hasil := sisi * 3;
write('Hasil Keliling Segitiga Sama Sisi = ' , hasil);
readln; readln;
end

else if (pilbag = 3) and (pilhit = 1) then
begin
write('Masukkan Panjang = ');
read(panjang);
write('Masukkan Lebar = ');
read(lebar);
hasil := panjang * lebar;
write('Hasil Luas Segi Empat = ' , hasil);
readln; readln;
end

else if (pilbag = 3) and (pilhit = 2) then
begin
write('Masukkan Panjang = ');
read(panjang);
write('Masukkan Lebar = ');
read(lebar);
hasil := (panjang + lebar) * 2;
write('Hasil Keliling Segi Empat = ' , hasil);
readln; readln;
end

else
write('Bilangan Pilihan Salah');
readln;
end.


 

ARTIKEL TERKAIT:


BACA JUGA TULISAN MENARIK LAINNYA :

0 Komentar:

Post a Comment